SMP NEGERI 1 BUMIJAWA

Penerapan Disiplin Positif Melalui Kesepakatan dan Keyakinan Sekolah/Kelas

Oleh: Siti Aisyah, S.Pd.

CGP Angkatan 7 Kabupaten Tegal

Guru SMP Negeri 1 bumijawa

Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah upaya untuk memajukan bertumbuhnya pendidikan budi pekerti (kekuatan batin dan karakter), pikiran, serta tubuh anak. Menurut Ki Hajar Dewantara tujuan pendidikan antara lain: membentuk budi  yang halus pada pekerti peserta didik,  meningkatkan kecerdasan otak peserta didik, dan  mendapatkan kesehatan badan pada peserta didik Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, maka pendidikan harus memiliki kesatuan konsep yang jelas, meliputi:

Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, perlu menciptakan lingkungan yang positif, salah satu strategi yang perlu kita tinjau kembali adalah penerapan disiplin di sekolah kita.  Apakah telah efektif, apakah masih perlu ditinjau kembali? Apa sesungguhnya arti dari disiplin itu sendiri?

Disiplin Berasal dari bahasa Latin, ‘disciplina’, yang artinya  belajar. Makna asal dari kata ini berkonotasi dengan disiplin diri dari murid-murid Socrates dan Plato. Disiplin diri membuat orang menggali potensinya  menuju sebuah tujuan, apa yang dia hargai. Namun dalam budaya kita, makna kata disiplin telah berubah menjadi sesuatu yang dilakukan seseorang pada orang lain untuk mendapatkan kepatuhan. Kecenderungan umum adalah menghubungkan kata disiplin dengan ketidaknyamanan, bukan dengan apa yang kita hargai, atau pencapaian suatu tujuan mulia.

Bapak Pendidikan Kita, Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa  “dimana ada kemerdekaan, disitulah harus ada disiplin yang kuat. Sungguhpun disiplin itu bersifat ”self discipline” yaitu kita sendiri yang mewajibkan kita dengan sekeras-kerasnya, tetapi itu sama saja; sebab jikalau kita tidak cakap melakukan self discipline, wajiblah penguasa lain mendisiplin diri kita. Dan peraturan demikian itulah harus ada di dalam suasana yang merdeka. 
(Ki Hajar Dewantara, pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka,  Cetakan Kelima, 2013, Halaman 470)

Disitu Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa ntuk mencapai kemerdekaan atau dalam konteks pendidikan kita saat ini, untuk menciptakan murid yang merdeka, syarat utamanya adalah harus ada disiplin yang kuat. Disiplin yang dimaksud adalah disiplin diri, yang memiliki motivasi internal. Jika kita tidak memiliki motivasi internal,  maka kita memerlukan pihak lain utnuk medisiplinkan kita atau motivasi eksternal, karena berasal dari luar, bukan dari dalam diri kita sendiri.

Disiplin itu perlu ditumbuhkan. Disiplin muncul dari adanya keyakinan tentang nilai nilai kebajikan. Pada awalnya disiplin ditumbuhkan melalui peraturan peraturan yang dibuat oleh pihak lain agar kita dapat mematuhinya. Dengan peraturan peraturan yang ada,diharapkan bisa dipatuhi sehingga muncul kedisiplinan. Akan tetapi kedisiplinan yang semacam ini hanya bersifat sementara, karena bukan dilandasi atas kesadaran. Untuk menumbuhkan kesadaran akan kedisiplinan, maka kita perlu mengubah kalimat peraturan yang ada menjadi suatu kesepakatan bersama, sehingga setiap orang yang melakukan kesepakatan akan merasa punya tanggungjawab untuk mematuhinya. Peraturan dan Kesepakatan merupakan sesuatu yang berbeda, meskipun tujuannya sama yaitu kedisiplinan. Peraturan berasal dari pihak lain/ pemangku kepentingan dan bersifat satu arah, sedangkan kesepakatan berasal dari semua pihak yang terlibat dan bersifat dua arah. Peraturan biasanya berisi kalimat perintah dan kalimat larangan (kalimat negatif). Peraturan dapat diubah menjadi kesepakatan dengan kalimat yang positif dan selanjutnya bisa disarikan menjadi keyakinan kelas. Keyakinan kelas memiliki karakteristik berikut :

  • Keyakinan kelas bersifat lebih ‘abstrak’ daripada peraturan, yang lebih rinci dan konkrit.
  • Keyakinan kelas berupa pernyataan-pernyataan universal.
  • Pernyataan keyakinan kelas senantiasa dibuat dalam bentuk positif.
  • Keyakinan kelas hendaknya tidak terlalu banyak, sehingga mudah diingat dan dipahami oleh semua warga kelas.
  • Keyakinan kelas sebaiknya sesuatu yang dapat diterapkan di lingkungan tersebut. 
  • Semua warga kelas hendaknya ikut berkontribusi dalam pembuatan keyakinan kelas lewat kegiatan curah pendapat.
  • Bersedia meninjau kembali keyakinan kelas dari waktu ke waktu.

Adapun nilai-nilai kebajikan yang diterima secara universal lepas dari latar belakang budaya, bahasa, suku bangsa, maupun agama berupa hal-hal seperti keadilan, kehormatan, peduli, integritas, kejujuran, pelayanan, keamanan, kesabaran, tanggung jawab, mandiri, berprinsip, keselamatan, kesehatan, dan masih banyak lagi nilai-nilai kebajikan universal.

Setelah mengetahui karakteristik keyakinan kelas,Bagaimana langkah langkah menyusun keyakinan kelas?

Berikut prosedur pembentukan keyakinan sekolah/kelas

  1. Mempersilakan warga sekolah atau murid-murid di sekolah/kelas untuk bercurah pendapat tentang peraturan yang perlu disepakati di sekolah/kelas.
  2. Mencatat semua masukan-masukan para murid/warga sekolah di papan tulis atau di kertas besar (kertas ukuran poster), di mana semua anggota kelas/warga sekolah bisa melihat hasil curah pendapat.
  3. Susunlah keyakinan kelas sesuai prosedur ‘Pembentukan Keyakinan Sekolah/Kelas’. Gantilah kalimat-kalimat dalam bentuk negatif menjadi positif. 
    Contoh:
    Kalimat negatif: Jangan berlari di kelas atau koridor.
    Kalimat positif: Berjalanlah di kelas atau koridor.
  4. Tinjau kembali daftar curah pendapat yang sudah dicatat. Anda mungkin akan mendapati bahwa pernyataan yang tertulis di sana masih banyak yang berupa peraturan-peraturan. Selanjutnya, ajak warga sekolah/murid-murid untuk menemukan nilai kebajikan atau keyakinan yang dituju dari peraturan tersebut.  Contoh: Berjalan di kelas, Dengarkan Guru, Datanglah Tepat Waktu berada di bawah 1 ‘payung’ yaitu keyakinan untuk ‘Saling Menghormati’ atau nilai kebajikan ‘Hormat’. Keyakinan inilah yang dimasukkan dalam daftar untuk disepakati.  Kegiatan ini juga merupakan pendalaman pemahaman bentuk peraturan ke keyakinan sekolah/kelas.
  5. Tinjau ulang Keyakinan Sekolah/Kelas secara bersama-sama. Seharusnya setelah beberapa peraturan telah disatukan menjadi beberapa keyakinan maka jumlah butir pernyataan keyakinan akan berkurang. Sebaiknya keyakinan sekolah/kelas tidak terlalu banyak, bisa berkisar antara 3-7 prinsip/keyakinan. Bilamana terlalu banyak, maka warga kelas akan sulit mengingatnya dan akibatnya sulit untuk dijalankan.
  6. Setelah keyakinan sekolah/kelas selesai dibuat, maka semua warga kelas dipersilakan meninjau ulang, dan menyetujuinya dengan menandatangani keyakinan sekolah/kelas tersebut, termasuk guru dan semua warga/murid. 
  7. Keyakinan Sekolah/Kelas selanjutnya bisa dilekatkan di dinding kelas di tempat yang mudah dilihat semua warga kelas.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima Kasih

Salam Sehat dan Bahagia.